Monday, February 18, 2019

Ikan koki berasal dari negara mana ?

Image result for Ikan koki berasal dari negara mana

Ikan koki berasal dari negara mana - asal Usul Ikan Hias Mas Koki, dari manakah ikan mas koki berasal ? Dari negeri China. Demikian disepakati para ahli yang menulisnya di buku-buku yang mengupas tentang mas koki. Tidak ada pihak yang membantah pendapat tersbut. Berdasarkan penelitian kromosom, spesies ikan yang ditemukan di Cina yang masih berhubungan erat dengan mas koki. nama ikan itu karper crucian (Crucian Carp). Bentuk karper crucian menyerupai ikan mas yang banyak dipelihara masyarakat Indonesia. Perbedaannya, karper crucian tidak memiliki misai, sedangkan ikan mas memiliki sepasang misai pada mulutnya. Karper Crusian (Crucian Carp), nenek moyang maskoki Kata para ahli, karper crucian inilah yang sebenarnya disebut ikan mas atau goldfish dalam bahasa inggris. Sedangkan ikan mas yang terdapat di Indonesia tak lain adalah karper. Nama ikan mas untuk karper lazim digunakan pendusuk di Jawa, khsusunya di Jawa Timur. Adanya pertalian kromosom itu, para ahli yakin bahwa karper crucian-lah yang merupakan asal muasal mas koki. Kalau kini tidak ada lagi persamaan bentuk antara mas koki dan karper krusian, penyebabnya adalah sudah terjadi mutasi dan kawin silang pada turunannya. Sebagai ikan hias akuarium, mas koki termashur di seluruh dunia, terutama di Cina, Jepang, Amerika, dan Eropa.

Berdasarkan riwayatnya, ikan mas koki merupakan salah satu ikan hasil domestikasi tertua di dunia. Ikan bernama latin Catassius auratus mulai dipelihara di rumah-rumah pada zaman Dinasti Sung di China pada sekitar 960 Masehi. Lalu, mulai dikomersialkan pada Dinasti Ming pada 1368-1644 Masehi.

Ikan maskoki kemudian merambah ke Jepang sekitar 1500 Masehi dan masuk ke benua Eropa sekitar dua abad kemudian. Di Negeri Matahari Terbit, perkembangan varietas maskoki semakin pesat dari hasil perkawinan silang. Dihasilkan varietas baru dengan bentuk yang variatif seperti yang ada saat ini. Ikan maskoki yang dihasilkan antara lain berbentuk bulat, pendek, benjol-benjol, dan bersirip panjang.
Varietas ikan maskoki dari Jepang tersebut kemudian memiliki nama Latin catassius auratus var japonicus. Dari Jepang, ikan maskoki menyebar ke wilayah Eropa maupun Amerika. Kemudian, menjadi populer karena dapat dijumpai di toko-toko ikan hias di seluruh dunia.

Jenis-jenis ikan Mas Koki yang banyak digemari di sini antara lain :
• Ras bulldog (mata terlihat melotot)
• Spencer (adanya jambul di kepala dan sisik yang menarik)
• Mutiara (banyak butiran daging disekujur tubuhnya sehingga tampak seperti mutiara
yang menempel)
• Red head (adanya bintik merah di bagian kepala)
• Buble eyes (mata kantong,karena tampak gelembung besar dibagian kantung matanya)
• Veil tail (dengan sirip punggung dan ekor yang agak panjang berumbai)
• Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut varietas ikan maskoki yang menjadi unggulan saat ini :

1. Goldfish: Ikan maskoki jenis ini bentuk fisiknya masih seperti ikan karper krusian
dan belum banyak terjadi perubahan, dengan warna dasar biru. Sedangkan, warna
terbaik pada jenis ikan maskoki adalah merah dan mantang tanpa warna perak sedikit
pun. Goldfish memunyai ekor terbelah dua (forked). Panjang total ikan mencapai 8
inci, aslinya berasal dari China.

2. Fantail (Loochooo): Ikan maskoki berekor kipas dan berasal dari China. Masyarakat
Jepang menyebut ikan ini ryukin, karena masuk dari China melalui Pulau Ryukyu.
Ekornya bersirip kembar, bentuknya mekar dan panjang, dengan sirip ekor melebihi
panjang tubuhnya. Panjang totalnya mencapai 3,5 inci.

3. Veiltail: Ikan maskoki berekor rumbai. Sering orang sulit membedakan antara ikan
maskoki kipas dan maskoki rumbai. Cara membedakannya, sirip ekor ikan maskoki
rumbai panjang dan terbelah menjadi dua (kembar). Sirip ekornya sangat panjang dan
bahkan kelihatan mengantung ke bawah, juga memunyai sirip punggung yang tinggi.

4. Teleskop: Ikan maskoki dengan ciri khas matanya yang mencuat keluar, seolah-olah
matanya memakai teleskop. Perkawinan antara maskoki lionhead ranchu dan mas koki
teleskop menghasilkan ikan mas koki demerancu.

5. Oranda: Ikan maskoki jenis ini memiliki kepala mirip singa, namun memunyai sirip
punggung. Warna oranda yang terkenal adalah tancho oranda yaitu badannnya berwarna
putih dan di atas kepalanya terdapat warna merah, Ikan koki berasal dari negara mana.

6. Lionhead: Ikan maskoki yang memunyai kepala mirip kepala singa, namun tidak
mempunyai sirip punggung, sirip anal, dan sirip ekor pendek dan kaku.

7. Nirwana (celestial): Ikan maskoki dengan ciri khas bentuk pupil matanya yang
menghadap ke atas. Karena bentuk matanya yang demikian menyebabkan ikan ini sulit
memenangi kompetisi pakan dengan ikan lain. Oleh karena itu, ikan ini hanya cocok
dipelihara dengan varietas yang sama. Ciri lain adalah warnanya oranye metalik dan
tidak memunyai sirip punggung.

8. Burik: Ikan maskoki yang memiliki warna beraneka ragam. Varietas mas koki burik
yang terkenal adalah shubunkin bristol.

9. Komet: Ikan maskoki yang ekornya yang berbentuk seperti garpu, memanjang, dan
lebih panjang daripada badannya. Karena itu ekornya yang memanjang itu ia disebut
komet.

10.Bubble eyes: Ikan maskoki yang memiliki mata normal, namun pelupuknya
menggelembung seperti balon. Gelembung ini mulai tumbuh setelah ikan berumur tiga
bulan. Ciri lainnya adalah ikan ini tidak memunyai sirip punggung.

ll.Sisik Mutiara: Ikan maskoki yang sisiknya seperti mutiara. Warna itu muncul di
permukaan kulit, kalau diraba terasa berbintil.

12.Blackmoor: Ikan maskoki dengan ciri warnanya yang hitam kelam. Pada usia muda ikan
ini berwarna coklat kemerahan. Adapun ekornya seperti kipas dan matanya berkembang
seperti maskoki teleskop.

13.Kaliko: Sesuai namanya ikan ini berwarna-warni, warna yang muncul biasanya kuning,
hitam, merah, dan putih.

Dasar Perawatan ikan mas
Tips for Giving Your Pet Goldfish a Long and Healthy Life Tips untuk Memberi peliharaan Anda Goldfish Long dan Healthy Life
Overview: Overview:
Common and fancy goldfish are Asian Carp, Carassius auratus. Umum dan mewah ikan mas adalah Asia Carp, Carassius auratus. They Mereka Telescope Goldfish have been bred in the Orient for over a thousand years, and in Europe for over a hundred years to provide all of the colors and shapes available to hobbyists today. telah dibesarkan di Timur selama lebih dari seribu tahun, dan di Eropa selama lebih dari seratus tahun untuk menyediakan semua warna dan bentuk yang tersedia bagi hobiis hari ini.
All goldfish are temperate fish found in cool streams, lakes, and ponds throughout Asia and part of eastern Europe, though all the Semua ikan mas yang beriklim dingin ikan yang ditemukan di sungai, danau, dan kolam di seluruh Asia dan sebagian Eropa Timur, meskipun semua Veil Tail Goldfish specimens found in the hobby today are captive bred. spesimen ditemukan di hobi saat ini adalah tawanan diturunkan. Goldfish can be easy to care for, however, they do require some care. Ikan mas dapat mudah mengurus Namun, mereka membutuhkan beberapa perawatan. Given proper care and a good, healthy environment, goldfish can live nearly 50 years! Diberikan perawatan yang tepat dan yang baik, lingkungan yang sehat, ikan mas dapat hidup hampir 50 tahun!

Equipment & Maintenance: Equipment & Maintenance:
To keep a goldfish healthy, remember to provide them with plenty of clean, cool water. Untuk menjaga ikan mas yang sehat, ingatlah untuk menyediakan mereka dengan banyak bersih, air dingin.
Your goldifsh’s temperature should never rise above 73° Fahrenheit, and ideally should remain between 65° and 68,° so you will need a thermometer. Suhu goldifsh Anda seharusnya tidak pernah naik di atas 73 ° Fahrenheit, dan idealnya harus tetap antara 65 ° dan 68, ° sehingga Anda akan memerlukan termometer. Keeping a goldfish above 72° for Menjaga ikan mas di atas 72 ° untuk Bubble Eye Goldfish long periods of time will result in Oxygen deprivation, which can cause nerve damage, heart damage, and can seriously hamper the immune system, making them more susceptible to many diseases , from easily treatable Ick to nearly untreatable swim bladder infections. jangka waktu yang lama akan mengakibatkan kekurangan oksigen, yang dapat menyebabkan kerusakan saraf, kerusakan jantung, dan dapat secara serius menghalangi sistem kekebalan, membuat mereka lebih rentan terhadap banyak penyakit, dari mudah diobati Ih berenang hampir tidak dapat diobati infeksi kandung kemih.
Keep your goldfish in a tank of at least 10 gallons, and make sure that a minimum of 8 gallons of your tank space is dedicated to each goldfish (a 10 gallon tank is really only suitable for one goldfish). Jaga ikan mas di dalam sebuah tangki minimal 10 galon, dan pastikan bahwa minimum 8 gallon aquarium anda ruang ini didedikasikan untuk setiap ikan mas (a 10 galon tank adalah benar-benar hanya cocok untuk satu ikan mas). This will provide sufficient space for your goldfish, so he can remain healthy, and this will allow the tank to help you keep healthy fish. Ini akan memberikan ruang yang cukup untuk ikan mas, sehingga ia dapat tetap sehat, dan ini akan memungkinkan tangki untuk membantu Anda tetap sehat ikan. Perform your weekly 10-15% water changes , so that your goldfish always has clean water and the waste that is not processed by the filter is removed. Lakukan Anda 10-15% mingguan air berubah, sehingga ikan mas Anda selalu memiliki air bersih dan limbah yang tidak diproses oleh penyaring akan dihapus. Your goldfish will need a filter to keep the water from becoming toxic, and you will need to keep the filter in Ikan mas Anda akan membutuhkan filter untuk menjaga air dari menjadi beracun, dan Anda akan perlu untuk menyimpan penyaring dalam Ryukin Goldfish good condition. kondisi baik. When selecting a filter, if you have fancy goldfish, make sure that the filter will not produce excessive current in your tank, and this will make it difficult for the fancy goldfish to swim. Saat memilih penyaring, jika Anda memiliki ikan mas mewah, pastikan filter tidak akan menghasilkan arus yang berlebihan dalam tangki, dan ini akan menyulitkan ikan mas mewah berenang.

Food & Care: Makanan & Care:
Remember that your goldfish is an omnivorous (eats anything) scavenger, so provide him with a varied and high carbohydrate diet. Many goldfish foods are available on the market today, and most frozen fish foods are also appropriate. Goldfish have large appetites, but they also graze for food constantly. Ingatlah bahwa ikan mas adalah omnivora (makan apa-apa) pemulung, sehingga memberinya yang bervariasi dan karbohidrat tinggi. Banyak ikan mas makanan yang tersedia di pasar saat ini, dan sebagian besar makanan ikan beku juga tepat. Goldfish memiliki selera makan yang besar, tetapi mereka juga merumput untuk makanan terus-menerus. Don’t let their ‘mock hunger’ and grousing around for food fool you into over feeding them. Jangan biarkan mereka ‘pura-pura kelaparan’ dan gerutu sekitar untuk makanan menipu anda hingga lebih dari makan mereka. Your fish should be able to consume all the food you offer within two minutes of feeding. Ikan Anda harus dapat mengkonsumsi semua makanan yang Anda tawarkan dalam waktu dua menit makan. If there is food in the tank after this time has elapsed, this will contribute to poor water quality and make your goldfish more susceptible to disease . Jika ada makanan di dalam tangki setelah waktu ini telah berlalu, ini akan memberikan kontribusi untuk kualitas air yang buruk dan membuat ikan mas Anda lebih rentan terhadap penyakit. You will only need to feed your goldfish once a day. Anda hanya akan perlu untuk memberi makan ikan mas Anda sekali sehari. If you feed more than once a day you will increase the waste your fish is producing and will also increase the risk of over feeding, so it becomes more important that you are performing your weekly 10-15% water changes and all necessary filter maintenance . Jika Anda makan lebih dari sekali sehari, Anda akan meningkatkan limbah produksi ikan Anda dan juga akan meningkatkan risiko lebih dari makan, sehingga menjadi lebih penting bahwa anda melakukan Anda 10-15% air mingguan perubahan dan semua yang diperlukan pemeliharaan filter. Providing a proper diet will increase your goldfish’s life expectancy and bolster their immune system. Menyediakan diet yang baik akan meningkatkan harapan hidup ikan mas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.
Oranda Goldfish Goldfish, like any fish, are aware that they are prey animals. Ikan mas, seperti ikan, sadar bahwa mereka adalah mangsa binatang. In order to feel comfortable, they need to have lots of hiding places. Goldfish do not seem to be too particular about their cover, however, you do want to make sure that you do not use any sharp or rough decorations that your goldfish may get hurt on, especially if you are keeping any fancy goldfish that have impaired vision. Agar merasa nyaman, mereka harus memiliki banyak tempat persembunyian. Goldfish tampaknya tidak terlalu khusus tentang sampul mereka, bagaimanapun, Anda ingin memastikan bahwa Anda tidak menggunakan tajam atau kasar dekorasi yang Anda mungkin mendapatkan ikan mas sakit pada, terutama jika Anda tetap mewah apapun ikan mas yang mempunyai visi terganggu. Like most other fish, they are more comfortable and will come out more and be more active if you can provide them with 50-75% cover – this means you should make half to three fourths of your tank space hiding places. Seperti kebanyakan ikan lain, mereka lebih nyaman dan akan keluar lebih banyak dan lebih aktif bila Anda dapat memberikan mereka dengan 50-75% penutup – ini berarti Anda harus membuat setengah hingga tiga perempat dari ruang aquarium anda tempat-tempat persembunyian. Providing sufficient cover will reduce stress and therefore improve your goldfish’s immune system, reducing chance of disease . Menyediakan cukup menutupi akan mengurangi stres dan karena itu meningkatkan sistem kekebalan ikan mas, mengurangi kemungkinan penyakit.

Companionship: Persahabatan:
Goldfish can, like most fish, be kept with fish with similar care requirements and temperament. Ikan mas dapat, seperti kebanyakan ikan, ikan dapat disimpan dengan persyaratan perawatan yang sama dan temperamen. However, this very quickly limits you Namun, ini sangat cepat membatasi Anda Fantail Goldfish to other goldfish – fortunately, there are many different and interesting fancy goldfish to choose from. ikan mas lain – untungnya, ada banyak yang berbeda dan menarik ikan mas mewah untuk memilih dari.
When looking for a companion for your goldfish, remember to select goldfish with similar handicaps. Ikan koki berasal dari negara mana, ketika mencari seorang teman untuk ikan mas Anda, ingatlah untuk memilih ikan mas yang sama cacat. If their disabilities are too different, it is very likely that some will out compete the others for food , and you can have a goldfish starve to death while another gets fat right before your eyes in your tank. Jika mereka cacat terlalu berbeda, sangat mungkin bahwa beberapa akan keluar bersaing yang lain untuk makanan, dan Anda dapat memiliki ikan mas mati kelaparan sementara yang lain lemak mendapat tepat di depan mata Anda dalam tangki.

Finally: Akhirnya:
Remember, goldfish are beautiful living creatures. Ingat, ikan mas yang indah makhluk hidup. It is the responsibility of the pet owner to care for their pet and provide a healthy environment. Ini adalah tanggung jawab pemilik hewan peliharaan untuk merawat hewan peliharaan mereka dan menyediakan lingkungan yang sehat. So give your goldfish space , clean , cool water, plenty of hiding places, and high-quality, high-carbohydrate foods and he should be a good companion for a long time. Jadi ikan mas berikan ruang, bersih, air dingin, banyak tempat-tempat persembunyian, dan berkualitas tinggi, makanan karbohidrat tinggi dan ia harus menjadi teman yang baik untuk waktu yang lama.

1 comment:

  1. Suntuk di rumah yuk gabung dan menangkan permainan kartu bersama kami hanya di ARENADOMINO 8 game kami sediakan untuk kalian semua so tunggu ap lagi yukk... WA +855 96 4967353

    ReplyDelete