Monday, February 18, 2019

Penyebab ikan koki tidak nafsu makan dan berujung kematian

Image result for Penyebab ikan koki tidak nafsu makan

Penyebab ikan koki tidak nafsu makan - ikan Mas Koki yang mati sebenarnya bukan karena lemah tetapi lebih banyak akibat kesalahan dalam perawatan terutama masalah air. Air yang tercemar amoniak , kurang oksigen, dan lama tidak diganti akan mengganggu kesehatan ikan. Pengaturan air yang tepat diantaranya dengan penggunaan Filter akan membuat suasana akuarium bersih dan nyaman bagi ikan.

Pengamatan terhadap penyakit harus dilakukan setiap hari dengan menyelidiki apakah ada Mas Koki yang mengalami perubahan sikap. Pada beberapa kasus, parasit dapat terlihat jelas, misalnya penyakit yang menempel pada bagian tubuh ikan namun tidak semua penyakit tampak secara kasat mata.

Serial artikel “Daftar Penyakit Yang Mengancam Ikan Mas Koki” akan membahas beberapa penyakit yang menyerang ikan Mas Koki, sekaligus langkah pengobatannya. Silahkan disimak bagian pertama ini.

Bulan Mutu, Susi Pudjiastuti Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Sumber Daya Kelautan

1. Dropsy

Dropsy adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi organ dalam oleh bakteri, singkatnya penyakit ini adalah penyakit komplikasi pada Ikan Mas Koki. Biasanya, jika terserang ini maka Mas Koki ini tidak bisa hidup lebih lama lagi.

Gejalanya adalah tubuh Mas Koki membengkak, sisik Mas Koki terbuka dan tampak mengelupas, muncul warna kemerahan di tubuh atau insang, muncul “borok” di tubuh Mas Koki, kotoran yang menguntai panjang, Mas Koki tidak mau makan, warna insang pucat, dan mata Mas Koki terlihat melotot. Penyebabnya adalah stress karena kondisi yang tidak baik, misalnya karena penanganan yang kasar, berkelahi, jumlah ikan yang terlalu padat, kualitas air yang jelek, perubahan temperatur air.

Langkah Pengobatan:

Pindahkan Mas Koki yang sakit ke tempat karantina dan jaga kualitas airnya.
Gunakan obat antibiotic spektrum luas (misalnya: Maracyn 2, Mediagold, atau Myxazin).
Dalam level yang rendah (1-3%), larutan garam mungkin dapat membantu penyembuhan (garam Epsom juga bisa digunakan).
Pertahankan suhu air di kisaran 30° C.

Berikan makanan yang mengandung nutrisi dan kualitas tinggi. Makanan yang mengandung obat seperti Metro-Med dan Medi-Gold juga diperlukan untuk membantu penyembuhan Mas Koki dari dalam.
Obat antibiotik memegang peranan vital dalam pengobatan ini. Penyebab ikan koki tidak nafsu makan, maka perhatikan dan jaga terus kualitas air untuk membantu proses penyembuhan.

2. Kutu Jarum

Tidak seperti kutu ikan, kutu ini hanya akan diam di tempat mana kutu ini melekat sehingga bisa dilihat secara kasat mata. Kutu jarum merupakan parasit yang menyerang bukan karena Mas Koki sedang stress. Kutu ini bisa terbawa dari ikan baru yang belum dikarantina, atau bahkan dari telur maupun tanaman air lainnya. Meskipun kutu jarum berhasil disingkirkan, namun tidak menutup kemungkinan jika larva masih berada di sekitar kolam. Sehingga memebersihkan kolam adalah ide yang baik

Langkah Pengobatan:

Kutu jarum dapat disingkirkan dengan menggunakan pinset.
Tubuh Mas Koki yang terluka karena sengatan kutu jarum bisa diberikan yodium atau hidrogen peroksida dengan menggunakan kapas usapan.
Untuk perawatan harian, bisa menggunakan krim neosporin.
Jika kutu jarum terbawa dari ikan yang baru, maka karantinakan ikan tersebut.
Jika seluruh kolam sudah terjangkit, langkah-langkah tambahan perlu dilakukan. Gunakan obat seperti Dimilin atau program solusi mudah yang lain yang diperlukan dalam kasus tersebut. Anchors Away dapat juga digunakan, dan (Dimilin) Diflubenzuron sebagai komposisi utamanya. Garam ikan juga baik untuk digunakan.

3. Penyakit Lubang

Penyakit ini ditandai dengan munculnya lubang di tubuh ikan, dan pada umumnya muncul di kepala. Lubang ini secara bertahap dapat membuat sebuah lubang panjang bagaikan pipa dengan warna krem atau kuning, yang mana mengandung lendir di dalamnya.

Kotorannya mungkin terlihat berwarna pucat dan berserabut. Penyakit ini bisa menjangkit di sepanjang tulang rusuk, sirip dan sisik tampak terkikis, tubuh mungkin terlihat seperti susu, dan lapisan lendir mulai menipis dan kering.

Langkah Pengobatan:

Pindahkan ikan yang sakit ke tempat karantina, dan pastikan kualitas air selalu dalam keadaan baik.
Jika ikan masih mau makan, rawat dengan memberi pakan yang mengandung kandungan obat seperti Medigold, namun jika tidak berilah pakan yang mengandung Metronidazole.

Berikan pakan dengan nutrisi tinggi seperti krill (hewan kecil seperti udang), cacing darah, udang, pellet Pro-Gold (Amerika Serikat) dan atau pellet Hikari (Britania Raya). Disarankan untuk memberi pakan udang dan cacing beku, karena pakan tersebut cenderung aman dari parasit.

Larutan garam 3% diperkirakan bisa membantu mencegah terjadi infeksi berikutnya. Penyebab ikan koki tidak nafsu makan, garam dan obat-obatan adalah dua hal yang sangat penting dalam proses penyembuhan penyakit ini.

Penyakit ini sangat mungkin mendatangkan infeksi berikutnya, sehingga penting untuk mencari tahu penyebab munculnya penyakit ini. (nevadagoldfish)

1 comment:

  1. Player vs Player WOW langsung saja kunjungin kami di ARENADOMINO tempat bermain Poker dan kartu yang sangat menyenangkan dan hadiah nyata menanti anda semua.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete