Tuesday, February 19, 2019

Ikan koki langka di indonesia

Image result for Ikan koki langka

Ikan koki langka - siapa yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini? Ikan mas koki merupakan salah satu ikan hias yang cukup familiar di kalangan pecinta ikan Indonesia.

Dari segi warna, ikan ini tidak ada bedanya dengan ikan hias air tawar lainnya, terutama keluarga goldfish.

Namun, jika dilihat dari segi bentuk ikan ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi penggemarnya.

Bentuk ikan begitu sulit ditebak, sebenarnya cenderung aneh, tapi karena anehnya itu ikan ini jadi lucu dan “ngegemessin”.

“Kayak kamu, iya kamu!”

Selain itu, ikan mas koki memiliki banyak variasi bentuk dan warna sehingga membuat para penggemarnya bingung untuk memilihnya.

Bagi Anda yang masih “Newbie” di hobi ini, kebetulan pada kesempatan ini kami akan mengulas sedikit tentang jenis-jenis ikan mas koki untuk Anda.

Hitung-hitung memperkenalkan ikan imut ini kepada Anda. Agar tidak berlama-lama mari kita simak ulasannya berikut ini.

SEJARAH IKAN MAS KOKI

Setelah dilakukan pengembang biakan secara selektif selama berabad-abad, ikan mas koi telah menghasilkan beberapa variasi warna dan bentuk.

Dimana kedua aspek tersebut telah jauh berbeda dengan nenek moyang ikan emas itu sendiri.

Menurut sejarah, Ikan mas koki yang ada saat ini berasal dari daratan Cina, tepatnya saat dinasti Jin berkuasa (265-420).

Ikan mas yang merupakan ikan hias saat itu di seleksi dan dipilih berdasarkan warna oleh para pembantu kekaisaran.

Pada zaman Dinasti song ikan mas bermutasi sehingga menurunkan jenis ikan emas yang bewarna emas.

Sehingga pada tahun 1162, para permaisuri dari dinasti Song memerintahkan para pelayan istana untuk membaut kolam khusus jenis ikan emas yang bewarna emas dan merah.

Pada saat itu, pihak kekaisaran mengeluarkan peraturan yang cukup kontroversial, yaitu melarang rakyatnya untuk memelihara jenis ikan mas yang bewarna merah dan emas.

Pihak istana beralasan karena ikan mas yang bewarna emas kekuning-kuningan merupakan warna kekaisaran.

Bahkan kepercayaan tersebut masih terus dijaga oleh sebagian besar orang tionghoa di dunia.

Mereka menganggap warna merah dan warna kuning/emas sebagai warna keberuntungan serta kejayaan dan sekaligus sebagai warna spesial di hari imlek.

JENIS-JENIS IKAN KOKI
Setelah terjadi mutasi dan persilangan ikan emas kini memiliki bentuk tubuh yang berbeda, baik dari segi sirip dan maupun bentuk mata.

Beberapa varian ikan mas koki lebih kuat dibandingkan varietas yang hidup di alam bebas, seperti Shubunkin.

Saat ini, ada sekitar 300 keturunan ikan mas yang diakui di Cina, Ikan koki langka. Disamping, memang sebagian besar keturunan ikan mas saat ini berasal dari Cina.

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas beberapa jenis ikan mas koki yang ada di Indonesia. Ulasan itu sendiri memang belum lengkap, karena masih banyak spesies ikan mas koki yang belum diangkat. Nah, di artikel kedua ini harapannya bisa melengkapi artikel pertama tersebut.

Jenis ikan koki langka dan populer

Jenis ikan koki yang pertama adalah Hanafusa, ikan koki ini ditandai dengan daging tumbuh berbentuk pom pom di sekitar hidung, badan ikan tampak seperti lionhead namun yang tumbuh adalah hidungnya, di beberapa kasus justru ada daging yang tumbuh hingga melebihi bagian bawah rahangnya.

Comet (goldfish)

Jenis ikan koki yang kedua ini adalah jenis ikan mas koki yang umum dipelihara oleh orang di Amerika Serikat. Jenis ikan ini mirip dengan ikan mas pada umumnya, tetapi tubuhnya berukuran lebih ramping, dan terutama dibedakan oleh panjang ekornya.
Chinsurin/Pearlscale Goldfish

Jenis ikan kokiJenis berikutnya adalah Chinsurin, mempunyai warna mutiara dan pola sisik berbintik-bintik, jenis ikan koki ini berasal dari Jepang.

Common goldfish

Jenis ikan kokiCommon goldfish juga hampir seperti jenis ikan mas biasa lainnya, tetapi ikan ini punya sesuatu yang membedakan yaitu warna dari nenek moyang mereka, ikan mas Prusia. Ikan ini biasanya memiliki berbagai warna seperti merah, oranye, emas, putih, hitam dan kuning atau ‘lemon’.

Black Moor

Jenis ikan kokiJenis ikan koki Black moor memiliki ciri-ciri yang unik yaitu warna badan yang cenderung gelap namun mengkilap. Tubuhnya bulat dengan sirip yang gemulai.

Fantail (goldfish)

Jenis ikan kokiIkan mas Fantail ini memiliki sirip dan ekor yang panjang atau cenderung tinggi, tubuh lebih ramping namun bagian bawah hampir seperti telur.

Shubunkin

Jenis ikan kokiJenis ikan punya kombinasi warna yang eksotik, berbadan ramping dengan ekor tunggal namun tetap bercabang di bagian ujung. Sirip mungil dan bentuk pinggang ramping.

Panda Moor

Jenis ikan koki Panda Moor mempunyai ciri-ciri mata besar menonjol dengan badan dipenuhi pola warna hitam-putih.

Veiltail

Jenis ikan kokiJenis ikan koki terakhir adalah veiltail yang dikenal dengan ekor ekstra panjang dan mengalir seperti rambut, Ikan koki langka. Bagian pinggang ke ekor cenderung menurun, namun tetap eksotik.

1 comment:



  1. silahkan langsung saja bermain bersama kami di Arenadomino(com) ditunggu kehadiran anda semua hadiah nyata menanti anda semua silahkan.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete