Tuesday, February 19, 2019

Ikan koki jadi hitam sebenarnya apa yang terjadi ?

Image result for Ikan koki jadi hitam

Ikan koki jadi hitam - siapa yang tidak mengenal ikan bertubuh gendut dan mengemaskan ini? Ikan Koki, karena tubuhnya yang gendut, membuatnya terkesan sulit bergerak dengan cepat. Bahkan sering kali menjadi korban keagresifan ikan lainnya. Namun justru gerakan lamban dan meliuk-liuk di dalam air membuat orang banyak yang suka. Apalagi warnanya yang cerah, dapat menyegarkan pandangan mata. Dan tak heran jika ikan jenis ini termasuk favorit di kalangan penggemar ikan hias.

Tapi tahukah Anda dengan beberapa fakta unik dari spesies ikan air tawar ini? Berikut akan merangkum beberapa informasi dari berbagai sumber tentang ikan mas koki.

1. Ikan yang tenang
Ikan koki dikenal sebagai ikan yang tidak suka mengganggu ikan lainnya. Ia juga sangat menyukai tempat yang damai. Walaupun terkenal lamban, namun ikan koki rupanya juga mempunyai sifat merusak  tanaman atau hiasan di dalam akuarium. Maka tak disarankan memasang beragam tanaman hias di dalam akuarium.

2. Punya sistem pencernaan yang sangat sederhana
Beri makan cukup 1x sehari dan jangan terlalu banyak  tergantung jumlah ikan yang dimiliki agar ikan lebih agresif. Percernaan ikan mas sangat sederhana dan sangat susah mencerna protein. Sedangkan kemampuan tumbuh secara maksimal, bisa sampai panjang 58.42cm  dan berat 4.5 kg

3. Mampu berubah-ubah warna
Keunikan berikutnya, ikan ini bisa mengubah pigmen warna tubuhnya, sesuai dengan tempat dimana mereka dipelihara. Jika ingin terlihat lebih cerah letakkan ia di tempat yang gelap dan di keluarkan pada pagi hari.

Tapi hati-hati, jika terus-menerus diletakkan di tempat yang gelap tanpa mendapat sinar matahari yang cukup maka ia akan kehilangan warnanya.

4. Paling lama usia hidupnya delapan tahun saja
Ikan ini mampu hidup hanya sampai enam hingga delapan tahun. Untuk pertumbuhannya, koki sangat membutuhkan oksigen sehingga banyak orang yang menyarankan penambahan penghasil gelembung udara pada aquarium sangat dibutuhkan untuk merawat ikan yang cantik ini.

Ikan mas koki yang mati sebenarnya bukan karena lemah tetapi lebih banyak akibat kesalahan dalam perawatan terutama masalah air, Ikan koki jadi hitam. Air yang tercemar amoniak , kurang oksigen, dan lama tidak diganti akan mengganggu kesehatan ikan. Pengaturan air yang tepat diantaranya dengan penggunaan Filter akan membuat suasana akuarium bersih dan nyaman bagi ikan.

Pengamatan terhadap penyakit harus dilakukan setiap hari dengan menyelidiki apakah ada mas koki yang mengalami perubahan sikap. Pada beberapa kasus, parasit dapat terlihat jelas, misalnya penyakit yang menempel pada bagian tubuh ikan namun tidak semua penyakit tampak secara kasat mata.

Serial artikel “Daftar Penyakit Yang Mengancam Ikan Mas Koki” akan membahas beberapa penyakit yang menyerang ikan maskoki, sekaligus langkah pengobatannya. Jika Anda sudah menyimak bagian pertama, silahkan simak kelanjutannya berikut ini:


Bulan Mutu, Susi Pudjiastuti Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Sumber Daya Kelautan

Ichtyopthirius (ICH)

White spot tampak seperti butiran kecil garam yang menempel di tubuh maupun ekor mas koki, tubuh mengeluarkan banyak lendir, sirip menutup, gerakan insang lebih cepat, dan nafsu makan menurun. Gejala ini berbeda dengan gejala penyakit beludru, sebab white spot terlihat lebih bulat dan berwarna putih.

Organisme Ich sering muncul dari ikan, tanaman, maupun benda lain yang sudah terjangkit parasit ini sebelumnya. Ichtyopthirius merupakan parasit yang menyerang dan melekat pada tubuh mas koki ketika sedang stress. Untuk mengantisipasinya, diperlukan menjaga kualitas air supaya tetap bagus.

Langkah Pengobatan:

Ich memiliki daya jelajah renang yang sangat luas. Jadi jika parasit ini sudah menyerang Maskoki, kita juga perlu membersihkan seluruh kolam, jangan hanya menyembuhkan Maskoki saja.
Sebaiknya jangan menggunakan kolam pengobatan yang terpisah. Lebih baik langsung obati di kolam tersebut dengan memberikan larutan garam ikan 0.3% dengan obat-obatan lain yang mengandung Malachite Green, Formalin atau Copper, Protozin.
Naikkan temperatur air di kolam tersebut ke suhu 30° C.
Bila menggunakan Malachite Green, pastikan kolam tetap gelap dan terlindungi dari cahaya.
Lanjutkan perawatan konstan seperti ini sampai Ich tidak lagi menempel di tubuh Maskoki, biasanya membutuhkan waktu 3 sampai 6 hari.
Keringkan dan bersihkan kolam segera, untuk menyingkirkan parasit-parasit yang mungkin masih menempel di kolam.
Periksa kualitas air; pertahankan air di temperatur, pH, dan kesadahan air yang pas. Parasit Ich masih bisa kembali menjangkit lagi meskipun Maskoki dan kolam sudah bersih.
Busuk Sirip

Busuk sirip adalah penyakit yang muncul karena infeksi oleh bakteri jahat yang menyerang ketika mas koki dalam keadaan kurang sehat. Penyakit ini ditandai dengan munculnya warna putih di tepi sirip, ekor ataupun tubuh mas koki. Hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti mas koki stress, bagian tubuh terluka dan terinfeksi.

Gejalanya adalah sirip terlepas atau sirip sobek sehingga terlihat compang-camping. Terlihat ada warna putih di tepi ekor, dan kadangkala tepi sirip terlihat warna kemerahan. Jika tidak diobati, perlahan ekor dan sirip mas koki akan digerogoti sampai habis, kemudian bakteri ini menginfeksi tubuh mas koki.

Penyakit busuk sirip bisa dicegah dengan cara merawat mas koki dengan baik, yaitu dengan menjaga kualitas air, mengatur jumlah kepadatan ikan, dan tidak mencampur mas koki dengan ikan lain yang suka berkelahi.

Langkah Pengobatan:

Pindahkan mas koki ke tempat karantina jika memungkinkan.
Gunakan obat antibiotik atau antibakteri spektrum luas seperti Maracyn atau Myxazin.
Larutan garam ikan sebanyak 3% juga bisa menyembuhkan penyakit yang masih dalam skala ringan.
Kualitas air yang baik sangat membantu dalam proses penyembuhan ini.
Pemulihan jaringan sirip bisa dibantu dengan menggunakan Melafix.

Cacing di tubuh dan insang

Ciri mas koki yang terjangkit cacing parasit adalah selaput lendir yang berlebihan, terhimpit, sirip yang mengatup, tubuh yang agak “kejang” dan mata yang suka “berkedip”, luka dan borok sebagai akibat dari menggesekkan tubuh, dan terkadang terlihat mangap-mangap di permukaan, Ikan koki jadi hitam. Cacing insang hidup di dalam insang ikan dan bertelur di dalam air, sedangkan cacing tubuh hidup di tubuh ikan sekaligus berkembang biak di sana.

Langkah Pengobatan:

Pengobatan dengan menggunakan garam bisa membantu pemulihan setidaknya sampai 7 patogen, tapi tidak akan cukup untuk membasmi cacing parasit.
Terapkan langkah pengobatan dengan Potassium Permanganate (PP), Droncit, Fluketabs, Formalin, dan Healthguard dan Quick Cure.
Pengobatan perlu dilakukan secara berulang sebab telur atau larva cacing kemungkinan besar masih ada di dalam air, meskipun pada tahap pengobatan pertama induk cacing berhasil dibasmi.
Menindak lanjuti pengobatan sangat disarankan setiap 4 hari sekali, dan sebagai pencegahan sebaiknya juga masih diberi perawatan setelah lewat dari hari keempat ini.
Sistem dan perangkat filter harus diangkat selama pengobatan ini diterapkan karena disinyalir telur atau larva cacing kemungkinan bersembunyi di dalam perangkat filter.

1 comment:

  1. silahkan langsung saja bermain bersama kami di Arenadomino(com) ditunggu kehadiran anda semua hadiah nyata menanti anda semua silahkan.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete