Wednesday, February 20, 2019

Ikan koki hoki pembawa banyak keberuntungan bagi pemiliknya

Image result for Ikan koki hoki

Ikan koki hoki - ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Dengan bentuk badannya yang unik, yaitu bulat, sirip agak lebar, dan terkadang ada yang memiliki jambul, sehingga kita dapat mengenalinya dengan mudah meskipun baru pertama kali melihatnya. Ikan mas koki ini banyak dibudidayakan di Negara Cina dan Jepang, namun ada juga yang berasal dari Belanda, yakni ikan mas Oranda yang memiliki nama asli Hollanda.

Selain dibudidayakan dan dikembangkan diberbagai Negara di belahan dunia, di Indonesia ikan mas ini juga banyak dibudidayakan, utamanya di daerah Magelang. Sedangkan pada artikel kali ini, kami berhasil menjumpai salah satu pembudidaya ikan mas koki yang berdomisili di wilayah Yogyakarta.

Adalah Bapak Sunaryadi, bapak berusia 38 tahun ini sudah menggeluti dunia budidaya ikan mas koki kurang lebih 4 tahun lamanya. Budidaya ikan mas koki beliau bertempat di samping rumahnya yang beralamat di Mantrijeron,Yogyakarta. Bapak yang akrab di panggil Yadi ini sekarang telah memiliki 5 jenis koleksi ikan mas koki, yakni jenis Mutiara, Rachu, Butterfly, Oranda, dan ikan mas koki jenis Ryukin.

Walaupun baru 4 tahun Yadi menggeluti bisnis budidaya ikan mas koki, namun usaha budidaya ikan hias telah beliau rintis sejak tahun 1998. Yadi lebih memilih budidaya ikan hias dengan berbagai pertimbangan, salah satunya dikarenakan biaya operasional yang relatif lebih ringan dibandingkan budidaya ikan konsumsi.

Pada tahun 1998, Yadi memulai usahanya dengan membudidayakan ikan hias jenis beta atau biasa dikenal dengan nama ikan cupang. Seiring berjalanya waktu, ia pun mencoba peruntungan dengan menambah jenis koleksi ikan untuk di budidayakan. Salah satunya Ikan Guppy yang ia budidayakan bersama dengan ikan beta yang telah ia miliki sebelumnya.

Baru pada tahun 2006, Yadi memutuskan untuk memelihara ikan mas koki, Ikan koki hoki. Awalnya ia belajar membudidayakan ikan mas koki ini dari rekan-rekanya yang biasa mengadakan kontes ikan mas koki di daerah Yogyakarta. Dari situlah kemudian ia mendapat banyak  pengetahuan seputar budidaya ikan mas koki. Dengan modal pengetahuan tersebut dan pengalamanya memelihara beberapa jenis ikan hias sebelumnya, ia pun memberanikan diri untuk membudidayakan ikan mas koki yang menurut banyak orang sulit untuk dibudidayakan.

Dengan ketekunan dan kesabaran, akhirnya Yadi berhasil membudidayakan ikan mas koki tersebut, bahkan ikan mas koki yang pertama kali ia miliki masih hidup sampai sekarang. Langkah selanjutnya yang harus ia pikirkan adalah bagaimana memasarkan ikan hasil budidayanya tersebut. Awalnya ia menawarkan ke pedagang-pedagang ikan hias, dan diakuinya itu sebagai perjuangan yang biasa ketika memulai usaha. Hingga akhirnya, usaha budidaya ikan mas koki ini pun berbuah manis, sampai-sampai ia sekarang kewalahan memenuhi permintaan pasar.

Berbagai kendala masih menghambat usaha budidaya ikan mas koki ini. Selain kurangnya luas lahan yang digunakan sebagai tempat budidaya, pembudidayaan ikan mas koki juga terhitung masih jarang untuk daerah Yogyakarta. Sehingga dengan sangat terpaksa banyak pesanan yang tertunda, bahkan beberapa pelanggan setia Bapak satu anak ini rela bersabar menunggu untuk bisa mendapatkan ikan mas koki hasil budidayanya.

Kini, di rumahnya yang sederhana ia membudidayakan ikan mas koki. Yadi biasa menerima orderan ikan mas koki untuk para pedagang ikan hias dengan kisaran order mencapai 500 hingga 1000 ekor. Selain para pedagang ikan hias, Yadi juga memiliki pelanggan dari kalangan penggemar ikan hias ini. Khusus untuk kalangan penggemar, biasanya Yadi menjual ikan mas koki yang memiliki kualitas Great A atau kualitas terbaik dengan rata-rata harga 100ribu per ekornya. Untuk ikan mas koki kualifikasi great A ini memang biasanya digunakan untuk kontes, bahkan ia pernah menjual ikan mas koki-nya yang telah menang kontes dengan harga 1 juta rupiah.

Karena terkendala modal untuk mengemabngkan usahanya, saat ini Yadi mengaku baru bisa mendapatkan omset kurang lebih 2 juta per bulan, Ikan koki hoki, dengan keuntungan bersih kira-kira 1,5 juta per bulan. Perawatan yang tidak terlalu rumit, tingkat reproduksi yang tinggi dan biaya operasional yang relatif rendah inilah yang menjadi alasan Yadi untuk fokus menggeluti usaha budidaya ikan mas koki miliknya, meskipun masih tetap membudidayakan jenis ikan hias yang lainya, namun diakuinya ikan mas koki ini memang lebih menjajikan. Semoga artikel  “Ikan Mas Koki, Ikan hias Pembawa Hoki” dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian, salam sukses.

1 comment:



  1. Hadir dan Menangkan hadiah nya tempat bermain poker 8 game dengan hanya 1 userid saja sudah bisa menikmati permainan kami di arenadomino(com)
    silahkan langsung daftarkan diri anda bersama kami dengan pelayanan 24jam dan proses cepat yang kami berikan untuk kenyamanan anda semua dalam bermain di tempat kami segera bergabung peluang menang menunggu anda...
    WA +855 96 4967353

    ReplyDelete