Wednesday, February 20, 2019

Ikan koki hidup dimana

Image result for Ikan koki hidup dimana

Ikan koki hidup dimana - kurangnya wawasan mengenai cara hidup dan habitat ikan mas koki, menjadikan banyak orang menganggap budi daya ikan hias ini lebih sulit dibandingkan ikan hias lainnya. Anggapan ini muncul karena seringnya ikan koki mati setelah beberapa hari dimasukkan ke dalam kolam. Padahal tingginya kematian ikan koki tidak hanya dipengaruhi oleh cara perawatannya yang sulit dilakukan Melainkan karena minimnya wawasan mengenai ikan koki itu sendiri, termasuk habitat hidupnya yang masih jarang diketahui.

Mengenal Ikan Koki
Ikan koki juga banyak dikenal sebagai Goldfish dengan nama latin Carassius auratus auratus. Ikan air tawar ini berada dalam keluarga Cyprinidae yang berasal dari urutan Cypriniformes. Ikan koki sendiri berasal dari Asia Timur. Merupakan ikan yang pertama  kali dijinakkan sekaligus dipelihara paling sering di akuarium. Masyarakat China, bahkan telah mengembanbiakkan ikan koki sebelum ilmu mengenai gen, hibrida dan teknik perkembangbiakan dikenal.

ikan mas koki
Kurangnya wawasan mengenai cara hidup dan habitat ikan mas koki, menjadikan banyak orang menganggap budi daya ikan hias ini lebih sulit dibandingkan ikan hias lainnya.

Tidak main-main, pembiakan yang dilakukan sangat bervariasi. Dari jenisnya, ukurannya hingga menghasilkan warna-warna yang beragam tidak hanya emas namun juga merah, putih, kuning, oranye hingga coklat dan hitam. Pemeliharaan ikan koki di kolam dimulai saat Dinasti Tang 618-907M. Dan menjadi sangat eksklusif saat Dinasti Song 960-1279M sengaja membangun kolam khusus untuk mengumpulkan varietas ikan koki warna merah dan emas.

Baca Juga : Asal Ikan Mas Koki

Habitat Ikan Koki
Sebagai ikan air tawar, ikan koki tidak membutuhkan jenis air khusus untuk hidup. Namun di air tawar, ikan koki membutuhkan tempat yang cukup luas untuk hidup. Juga membutuhkan air yang bersih dengan sistem aerasi yang maksimal. Tidak hanya di kolam, ikan koki juga cukup tahan untuk hidup di dalam akuarium. Sangat penting menjaga kualitas air dari tempat hidup ikan koki, minimal setiap minggu dilakukan penggantian hingga 25 persen.

Pada dasarnya ikan koki tidak membutuhkan perlakukan tempat hidup khusus, Ikan koki hidup dimana. Hanya saja, beberapa bagian harus dikondisikan dengan baik untuk menunjang peluang hidup lebih besar. Selain kondisi air, bagian dasar kolam juga harus diperhatikan. Penggunaan substrat dasar berupa pasir atau kerikil akan membantu koki menemukan sekaligus memakan plankton. Filtrasi yang baik diperlukan untuk menyingkirkan limbah dari kotoran dan insang yang dapat meracuni koki.

Pakan Terbaik Koki
Hidup di alam liar, membuat ikan koki tidak terlalu rewel dalam memilih makanan. Biasanya jenis krustasea, serangga hingga tanaman menjadi makanan yang paling baik untuk keberlangsungan hidupnya. Namun untuk budi daya di kolam atau akuarium, pemberian pakan harus diperhatikan dengan baik. Pakan yang kurang akan membuat ikan koki mudah mati kelaparan. Namun over feeding juga merusak kesehatan dan membuat koki mudah mati.

Pakan buatan untuk ikan koki juga tidak sulit didapatkan. Biasanya pakan buatan untuk koki idealnya memiliki komposisi protein yang lebih sedikit. Mengingat  koki tidak sempurna dalam mencerna protein.  Pakan harus memiliki komposisi karbohidrat lebih banyak. Dapat menggunakan jenis pakan buatan atau pelet apung dan tenggelam. Untuk menyempurnakan kualitas pakannya, dapat ditambahkan kacang polong tanpa kulit atau sayuran pucat dengan daun hijau.

Merawat Ikan Koki Dalam Akuarium
Ikan koki merupakan hewan berdarah dingin yang sebetulnya tidak sulit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Hanya saja perubahan suhu yang terlalu drastis dapat membuat koki mudah mati dan tidak mampu bertahan lama. Karena itu sangat disarankan untuk lebih dulu membiarkan air di dalam akuarium berada disuhu kamar. Lebih hangat dan mudah bagi koki untuk menyesuaikan diri. Pastikan pH maksimal adalah 7.

Akuarium dan kolam yang bersih sangat disukai ikan koki. Pengaruh lumut tidak hanya membuat kotor akuarium namun juga mengganggu kesehatan ikan. Sering-seringlah mengganti air minimal 25 persen setiap minggunya. Untuk menjaga suhu air tetap hangat, tempatkan akuarium di sudut rumah dengan porsi sinar matahari lebih banyak. Mengondisikan habitat ikan mas koki di akuarium tidak terlalu berbeda dengan habitat aslinya, akan membuat usianya bertahan lebih lama.

Sekian informasi singkat mengenai “Ketahui Habitat Ikan Mas Koki Sebelum Budi Daya”, Ikan koki hidup dimana. Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social Media dibawah ini. Terimakasih

1 comment:

  1. silahkan langsung saja bermain bersama kami di Arenadomino(com) ditunggu kehadiran anda semua hadiah nyata menanti anda semua silahkan.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete