Monday, February 18, 2019

Ikan koki makan sehari berapa kali tepatnya ?

Image result for Ikan koki makan sehari berapa kali

Ikan koki makan sehari berapa kali - pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara memberi makan ikan mas koki yang baik dan benar, jangan sampai ikan kesayangan kita sakit dan mati hanya gara- gara kesalahan kita dalam cara pemberian makan.

Berikut cara pemberian makan ikan mas koki yang sudah saya praktekkan dan buktikan :
Kita tahu bahwa ikan mas koki adalah ikan yang rakus dan selalu makan makanan apapun yang ada. jadi beri makan ikan mas koki secukupnya jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sering ( maksimal sehai 2 kali ). Perkirakan kalau makan yang akan di berikan habis maksimal dalam waktu satu menit.
Jika memberi makan menggunakan pelet, usahakan di rendam terlebih dahulu 5menit agar pelet mengembang terlebih dahulu di luar sebelum di makan ikan mas koki. ini untuk menghindari ikan mas koki terlalu kenyang akibat pelet mengembang di dalam perut dan menyebabkan gelembung renang ikan mas koki terdesak dan kehilangan keseimbangan dan pada akhirnya berenang terbalik.
ikan koki berenang terbalik

Berilah variasi makanan dengan makanan alami seperti cacing sutera dan bloodworm untuk asupan protein bagi ikan mas koki. cacing bisa nda dapatkan di toko penjual ikan biasanya ada yang dalam keadaan hidup maupun yang sudah beku.

makanan ikan mas koki
Bloodworm beku
Anda bisa memberi makan ikan mas koki dengan buah buahan yang lunak dan tidak asam atau sayur sayuran yang berdaun lunak dengan cara di cincang halus.

Jangan memberi makan ikan mas koki pada malam hari karna ikan mas koki mempunyai pencernaan yang cepat dan akan buang kotoran di malang hari. Bakteri pengurai, aktif pada malam hari dan akan menguraikan feses ikan mas koki yang akan menyebabkan kandungan amoniak dalam air aquarium tinggi dan tidak baik bagi ikan mas koki. karna ikaan mas koki sangat tidak tahan terhadap amonia terlarut dalam air.

Demikian artikel tentang Ikan koki makan sehari berapa kali semoga artikel ini bermanfaat bagi yang akan atau yang sedang memelihara ikan mas koki.

Jumlah makanan (dosis) yang diberikan pada ikan dapat mempengaruhi jumlah makanan yang diserap oleh tubuh. Demikian pula halnya dengan waktu pemberian makanan.

Maskoki yang baru menetas tidak memerlukan pemberian makanan selama 4 – 5 hari, sebab ia memiliki kantung kuning telur (yolk sac) yang merupakan cadangan makanan sebelum mampu mengkonsumsi makanan dari luar. Setelah cadangan makanan tersebut habis, maskoki kecil tersehut mulai mencari makanan di sekelilingnya.

Skala Pemberian Makanan Ikan Maskoki

Dosis makanan yang diberikan pada ikan j dngan terlalu berlebihan agar tidak menciptakan kondisi buruk di dalam air, terutama jika memberikan makanan buatan. Dosis makan an yang umum diberikan dalam satu hari berkisar antara 3 – 5 persen dari berat total ikan yang dipelihara. Makanan ini tidak diberikan sekaligus, tetapi diberikan secara bertahap. Jumlah makanan yang diberikan pada setiap waktu makan tergantung dari frekuensi pemberian. Artinya, jika frekuensi pemberian makanan dilakukan empat kali sehari, maka jumlah yang diberikan pada setiap waktu makan adalah 1/4 dari dosis yang telah ditentukan. Untuk menghindari pemberian makanan secara berlebihan, maka pemberian makanan harus dihentikan apabila 25 persen dari jumlah ikan yang dipelihara telah meninggalkan tempat makannya.

Pemberian makanan yang berlebihan terutama makanan buatan dapat menimbulkan masalah baru, sebab sisa makanan yang mengendap akan mengalami proses pembusukan. Akibatnya, kandungan oksigen di kolam akan menurun dan timbul gas-gas beracun yang dapat membahayakan kehidupan ikan. Penggunaan makanan hidup relatif lebih aman, sebab meskipun diberikan dalam jumlah berlebihan tidak menimbulkan efek yang berbahaya.

Semua hewan membutuhkan waktu tertentu untuk mencerna makanan yang ada di dalam lambungnya. Pada ikan maskoki, waktu yang dibutuhkan untuk mencerna makanan dalam lambungnya berkisar antara 3 – 4 jam. Berdasarkan kenyataan ini agar makanan yang diberikan dapat dikonsumsi lebih banyak sebaiknya maskoki baru diberi makan berikutnya ,setelah 3-4 jam kemudian. Dengan demikian, frekuensi pemberian makanan pada maskoki dapat dilakukan sebanyak 6-8 kali dalam sehari semalam, namun untuk mudahnya petani hanya memberi makan dua sampai tiga kali dalam sehari semalam.

Alternatif lain yang dianggap cukup baik adalah memberikan makanan berupa kombinasi antara makanan buatan dan alami. Makanan buatan diberikan pada siang hari dan makanan alami diberikan pada malam hari dengan jumlah lebih banyak. Jika keadaan memungkinkan, sebaiknya pemberian makanan dilakukan secara mekanik dengan peralatan yang dilengkapi timer (alat pengatur waktu) untuk mengatur kapan makanan harus dialirkan ke kolam.

Ikan kecil mempunyai kecepatan mencerna makanan lebih tinggi daripada ikan yang lebih besar, Ikan koki makan sehari berapa kali. Oleh karena itu, ikan kecilharus lebih sering diberi makanan daripada ikan yang lebih besar.

1 comment:

  1. silahkan langsung saja bermain bersama kami di Arenadomino(com) ditunggu kehadiran anda semua hadiah nyata menanti anda semua silahkan.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete